Chat with us, powered by LiveChat

Sejumlah ekonom atau analis dari Bank Swiss UBS membedah peluang tim-tim Piala Dunia 2018 menggunakan alat prediksi ekonometrik. Mereka memprediksi timnas Jermanakan kembali menjadi juara.

UBS melihat probabilitas sebesar 24 persen untuk Jerman kembali menjadi juara. Sedangkan Brasil dan Spanyol kemungkinan besar menjadi tim berikutnya yang berhasil. Peluang kedua tim itu masing-masing sebesar 19,8 persen dan 16,1 persen.

"Jerman dan Brasil ditetapkan untuk pertandingan awal yang mudah, sementara Spanyol harus berjuang keras jika mereka ingin mengalahkan Portugal, juara Eropa saat ini, dalam laga pembukaan mereka," kata Michael Bolliger, kepala alokasi aset pasar berkembang, dalam laporannya.

Bolliger melanjutkan, "Dari sana, perjalanan akan semakin sulit bagi Spanyol dan Brasil, yang mungkin masing-masing akan menghadapi Argentina dan Inggris di perempat final."

Sementara itu, tuan rumah Rusia mungkin akan berhasil mencapai babak 16 besar sebelum kalah oleh Spanyol atau Portugal.

Adapun peluang Islandia dan Panama untuk menjadi juara dunia masing-masing 0,2 persen dan 0,0 persen.

Prediksi oleh manajer aset terbesar dunia itu didasari model statistik yang menggunakan hasil lima turnamen sebelumnya dan mengendalikan sejumlah faktor, seperti kekuatan tim dan kesuksesan dalam fase kualifikasi.

UBS mengatakan Inggris, Prancis, Belgia, dan Argentina masih bisa memberikan kejutan di Piala Dunia.

"Dalam pandangan kami, nasib Argentina akan sangat bergantung pada penampilan pemain bintang mereka, yang merupakan unsur ketidakpastian dan sulit ditangkap dengan model kuantitatif kami," kata Bolliger.

Prancis dinilai bisa saja melaju ke semifinal dengan syarat mampu mengatasi Brasil dan tim top lainnya, setelah kemungkinan mengeliminasi Portugal. Inggris, sama seperti Belgia, memiliki tim yang seimbang tapi juga harus melewati Brasil untuk mencapai semifinal Piala Dunia kali ini.